Profile Image

L P P M I

PSIKOLOGI PONDOK PESANTREN Memahami Dinamika Psikologis Santri dan Pendidikan Pesantren

Book Cover: PSIKOLOGI PONDOK PESANTREN Memahami Dinamika Psikologis Santri dan Pendidikan Pesantren

PSIKOLOGI PONDOK PESANTREN
Memahami Dinamika Psikologis Santri dan Pendidikan Pesantren

Penulis:
Dr. Muhsyanur, M.Pd., M.Psi., M.M.

ISBN:
Tebal: xviii + 230 hlm., 21 x 15 cm
Juni 2024

Editor: Iwan Rumalean
Penata Letak: Sonny Perdanakusuma
Penata Sampul: Tiara Diharyantika

Penerbit
Lembaga Pemerhati Pendidikan Masyarakat Indonesia,
Education Observer Institute of Indonesian Society
Jalan Ketintang X 17B Gedung 3S Surabaya, Jawa Timur
Email: lppmi.ina@gmail.com | www.lppmi.or.id
Telp. (031) 2106832 - HP. 082244400985

Hak cipta dilindungi undang-undang
Dilarang memperbanyak isi buku ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit.

SINOPSIS
"Psikologi Pondok Pesantren: Memahami Dinamika Psikologis Santri dan Pendidikan Pesantren" adalah sebuah karya monumental yang mengeksplorasi aspek-aspek psikologis yang memengaruhi proses pendidikan di lingkungan pondok pesantren. Buku ini mengawali pembahasan dengan menjelaskan sejarah dan perkembangan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional di Indonesia, serta menegaskan pentingnya memahami dinamika psikologis dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mendukung perkembangan santri secara holistik.
Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini mengupas secara mendalam perkembangan psikologis santri, mulai dari fase-fase perkembangan anak dan remaja, tugas-tugas perkembangan yang harus dihadapi, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses perkembangan santri. Selanjutnya, buku ini menganalisis dinamika psikologis santri seperti motivasi belajar, prestasi akademik, penyesuaian diri terhadap lingkungan pesantren, hubungan sosial, dinamika kelompok, dan peran keluarga dalam perkembangan psikologis santri.
Tidak hanya itu, buku ini juga menyoroti aspek-aspek penting lainnya seperti psikologi pembelajaran di pondok pesantren, kesehatan mental dan layanan konseling, psikologi kepemimpinan dan organisasi pondok pesantren, serta psikologi sosial dan budaya dalam konteks pondok pesantren. Bahkan, buku ini menawarkan perspektif psikologi lintas budaya dalam memahami keragaman budaya dan latar belakang santri, penyesuaian lintas budaya, pendekatan pendidikan multikultural, serta peran pondok pesantren dalam membangun harmoni lintas budaya. Dengan cakupan yang luas dan analisis yang mendalam, buku ini menjadi panduan yang berharga bagi para pendidik, kyai, ustadz, serta pemangku kepentingan lainnya dalam merancang program pendidikan yang lebih efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi perkembangan santri secara optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *